Doctor’s Note: Bersahabat dengan Cuaca Terik

Bukan rahasia lagi cuaca panas dan sinar matahari terik berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Saat terik, kulit akan cenderung lebih kering. Apalagi jika banyak beraktivitas di luar ruangan. Butuh perlindungan dan perawatan ekstra dari bahaya sinar matahari.

Simak beberapa penyakit kulit yang bisa dipicu paparan sinar matahari:

 

Sunburnt

Image result for sunburnt

Sunburnt atau luka bakar akibat terekspos radiasi UV dari sinar matahari, dan merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi jika terpapar sinar matahari terlalu lama. Umumnya, keluhan yang timbul adalah kemerahan pada kulit yang dapat disertai gatal dan mengelupas. Dapat juga terjadi luka pada kulit akibat sunburnt.

Dianjurkan menggunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Sunburnt juga membuat lapisan kulit luar kering dan kasar. Untuk itu perlu pelembab sesuai jenis kulit agar kulit terlindungi dari infeksi dan iritasi.

 

Solar Elastosis

Image result for solar elastosis

Kerutan pada kulit yang diduga terjadi akibat kerusakan jaringan elastis kulit akibat paparan sinar matahari.

 

Kanker kulit

Timbul akibat kulit terpapar matahari dan tidak terlindungi dengan baik dalam jangka waktu lama. Jenis kanker kulit yang bisa terjadi, antara lain melanoma, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

Ditandai adanya tahi lalat pada kulit yang berubah warna, elevasi, bentuk, ukuran, dan lain-lain.

 

Polymorphous light eruption (PMLE)

Image result for pmle

Umumnya terjadi pada wanita kelompok usia 20-40 tahun dan juga sering terjadi pada individu yang sensitif terhadap sinar matahari. Tanda dan gejala nya berupa ruam dengan bintik-bintik merah atau merah muda, rasa gatal, ruam yang meninggi, serta didapati kekeringan dan sensasi terbakar pada kulit.

 

Age spots

Image result for age spots

Kondisi ini ditandai munculnya bintik gelap kecoklatan, abu-abu, atau hitam pada bagian tubuh tertentu seperti wajah, lengan, tangan, serta beberapa bagian tubuh lainnya yang sering terekspos sinar matahari. Seiring bertambahnya usia, kemampuan alami kulit menghalau radiasi UV dari matahari makin melemah, sehingga kemungkinan timbul age spots makin tinggi.

Untuk mencegah masalah ini, gunakan pelindung kulit sebelum keluar rumah. Esther Sunscream atau Esther Sun Lotion adalah pilihan tepat. Demikian pula pelembabnya, Esther Moisturizing Lotion atau Moisturizing Cream.

Seminggu sesekali lakukan face scrub yang bertujuan untuk exfoliate (pengelupasan) ringan ke kulit dengan Esther Peeling Cream atau Exfoliating Cream. *

dr. Ervina, Doctor Consultant Esther House of Beauty, Sampit
Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *