Save Your Makeup, Save Your Skin

Sebagai wanita, dunia makeup dan skincare sangat lah luas. Semakin bertambahnya jaman, semakin banyak pula jenis, brand, maupun bahan yang dipakai untuk makeup dan skincare tersebut. Namun, tidak semua orang mengetahui cara menyimpan makeup ataupun skincare dengan benar, sampai-sampai ada yang jadi rusak maupun sudah kadaluarsa karena terlupakan. Ada pula produk yang tetap dipakai karena “sayang” atau “eman” dengan produk yang sudah rusak/kadaluarsa sehingga terkadang membuat kulit jadi iritasi dan sebagainya. Berikut cara-cara menyimpan alat dan produk kecantikan yang baik dan benar!

Simpan produk berdasarkan kategori

Makeup organizer acrylic (cr. shopify.com)

Pasti ada beberapa dari anda yang memiliki skincare maupun makeup dalam satu kategori lebih dari satu, contohnya eyeshadow, lipstick, ataupun toner dan serum. Anda  bisa memilah produk-produk tersebut kemudian dikelompokkan menjadi satu. Misalkan, eyeshadow di dalam 1 laci. Kemudian, lipstick di 1 laci yang lain. Atau, anda juga bisa menggunakan case acrylic agar makeup bisa terpajang dengan cantik. Cara ini digunakan agar anda bisa lebih mudah mencari jenis produk makeup yang anda inginkan lebih cepat.

Atau jika anda memiliki skincare yang banyak, bisa ditata sesuai urutan penggunaan skincare, misalkan dengan urutan: sabun wajah, exfoliator, toner, serum, moisturizer, dan terakhir obat jerawat. Cara penyimpanan ini yang membuat membersihkan wajah lebih menyenangkan dan mudah.

Jauhkan dari tempat yang terlalu panas maupun basah/terlalu lembab

Produk makeup maupun skincare mengandung bahan aktif yang bermacam-macam, sehingga tidak boleh ditaruh di tempat yang panas, terkena sinar matahari, maupun lembab atau basah karena mampu merusak produk yang ada di dalam packaging. Bakteri jahat dan jamur mampu masuk ke dalam produk skincare lebih cepat pada saat ditempatkan di tempat yang basah.  

Bersihkan kuas dan sponge yang sudah dipakai

Cuci brush mu sesering mungkin (cr. muafan.com)

Ini terutama untuk yang memiliki wajah berjerawat atau sensitif ya, kuas dan sponge yang anda pakai harus sering dicuci. Kuas atau sponge yang sudah dipakai memiliki banyak bakteri dan jika dipakai terus-terusan, maka akan mentransferkan bakteri tersebut ke wajah, mampu menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Cara membersihkan brush (cr. GLAMINATI.com)

Gunakan sabun khusus brush seminggu sekali dan pakai sabun cuci tangan setiap kali selesai memakai sponge makeup untuk menjaga kebersihan kulit dan alat tersebut.

“Hempaskan” produk yang tidak bisa dipakai lagi

Hayo, siapa di sini yang suka menyimpan makeup atau skincare sampai sudah kadaluarsa? Bagi yang kulitnya sensitif, ini tidak disarankan karena bahan aktif pada produk sudah tidak bekerja dengan baik. Malah, seperti halnya eyeliner dan mascara tidak disarankan dipakai lebih dari 6 bulan karena bakteri dan jamur pada produk itu sangat banyak, sehingga harus sering diganti setiap 6 bulan 1x. Pasti gak mau kan mata anda iritasi karena produk yang terlalu lama disimpan? Apalagi daerah mata lho..

Juga, foundation yang sudah lama bisa menggumpal dan tidak mau teroles dengan baik lagi pada wajah. Bisa saja memuat kulit iritasi dan membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat. Gak mau kan punya wajah beruntusan atau iritasi? Apalagi skincare kadaluarsa, duh, mau bikin kulit sehat malah jadi kenapa-napa.

 

Nah, itulah cara-cara menyimpan dan “menghempaskan” makeup dan skincare yang baik dan benar. Demi wajah yang cantik dan bersih, harus mengorbankan beberapa hal dan harus rajin menyingkirkan produk yang tidak dipakai lagi maupun mencuci alat-alat yang dipakai.

Jika anda sudah hempaskan yang lama ingin membeli makeup Esa Cosmetic ataupun skincare Esther Cosmetic, yuk klik link di bawah ini:

estheresacosmetic.co.id

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *