Doctor’s Note: Flek Membayang

Kulit wajah yang sehat dan cantik menjadi dambaan semua orang, terutama kaum hawa. Seiring bertambahnya usia, bercak coklat kehitaman yang mulai tampak di area wajah mulai mengganggu penampilan. Banyak orang memilih solusi dengan menutupi flek menggunakan makeup. Harus mengetahui flek secara lebih mendalam untuk bisa mendapatkan solusi yang lebih tepat.

Flek atau melasma adalah suatu masalah kulit yang lebih sering terjadi pada wanita. Orang dengan warna kulit lebih gelap juga lebih berisiko mendapatkan flek.

Image result for flek

Flek merupakan bercak berwarna kecokelatan yang lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit yang lain. Flek lebih sering terjadi pada area pipi, batang hidung dan dahi. Kondisi ini muncul akibat melanosit (sel pemberi warna kulit) memproduksi terlalu banyak melanin.

Penyebabnya ada beberapa macam.

  1. Sinar matahari berperan besar dalam terbentuknya flek. Sinar ultraviolet merangsang melanosit untuk memproduksi lebih banyak warna.
  2. Pada wanita hamil, flek sering disebut masker kehamilan (mask of pregnancy). Pada kondisi ini, perubahan hormon mempengaruhi terjadinya flek. Maka dari itu, wanita yang sedang menjalani program KB juga sering mendapatkan flek.
  3. Ada beberapa obat-obatan yang menjadi pemicu timbulnya flek. Obat tersebut membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Sangatlah sulit untuk menghilangkan flek secara sempurna. Namun, flek dapat dipudarkan dengan berbagai metode.

  1. Pada wanita hamil atau yang sedang mengonsumsi KB, flek dapat hilang sendirinya. Beberapa bulan setelah melahirkan atau berhenti mengonsumsi pil KB, flek akan memudar perlahan.
  2. Krim pencerah. Ada beberapa bahan pencerah di dalam krim yang membantu memudarkan flek, seperti hidroquinon, retinoid, kojic acid, dan bahan lain. Pemakaian krim ini tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  3. Perawatan peeling. Pilihan peeling yang bisa dilakukan di Esther House of Beauty, yaitu Melasma Peel, Light Melasma Peel, Rejuvenation Peel atau Pigment Therapy. Pemilihan jenis peeling disesuaikan dengan tingkat keparahan flek.
  4. Tindakan laser untuk flek, yaitu dengan Pigment Laser.
  5. Obat minum.

Pencegahan utama munculnya flek kembali yaitu dengan penggunaan tabir surya, seperti Esther Sun Lotion, atau Esther Suncream. Selain itu, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari secara langsung, misalnya dengan menggunakan topi, payung atau pelindung lainnya. Anda bisa membeli produk Esther Cosmetic dengan cara klik tombol di bawah ini.

dr. Deiby Sihombing, Doctor Consultant at Esther House of Beauty, Manado

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *